stop motion (simple trick how to make)

stop motion mungkin bisa saya bilang salah satu konsep teknik dan visual dari motion grafis dan animasi, stop motion yaitu pembuatan sebuah animasi dengan menggunakan camera foto dan mengcapture object frame by frame sehingga timbul sebuah pergerakan dari in between foto2 tersebut. ini merupakan teknik animasi sederhana yang bisa kita lakukan dan buat tanpa harus banyak belajar software komputer, kitapun bisa membuat visual 3d, 2d, atau reelShoot dengan stop motion.

walaupun teknik ini terkesan sangat konvensional dan murahan, tapi gak kayak gitu sebenrnya, semuanya tergantung bagaimana kita melakukan eksekusi, konsep cerita dan daya kreasi kita. untuk lebih lanjutnya yuk kita liat gimana tips sederhana cara pembuatan animasi stop motion…

1. pastikan kamu memiliki camera foto (digital pocket camera atau SLR camera), SLR camera mungkin akan lebih baik karna kita akan bisa mengatur depth of fill. tapi dengan pocket camera juga sebenarnya sudah cukup baik ko. dan sebuah komputer tentunya, kalian bisa mengunakan sofware sederhana sepeprti iMovie pada Mac atau windows movie maker pada PC. kalo kalian yang bisa menggunakan afetr effect mungkin akan lebih baik menggunakan AE.

2. siapkan object yang akan kalian gunakan sebagai aktor/ aktris dalam stop motion ini. kalian bisa menggunakan clay atau tanah liat, action figure, lego, origami, manusia, atau apapun itu sesuai kreasi kalian. mungkin akan lebih baik jika object yang digunakan bersifat fleksibel atau elastis sehingga mudah untuk membuat suatu pergerakan.

3. buatlah cerita yang menarik untuk karya stop motion anda, story line, dan yang terpenting story board dengan detail penjelasan scene direction dan shootnya. sehingga pada saat produksi kita punya acuan dan mudah dalam eksekusi.

4. pikirkan detail pergerakannya. misal kamu menggunaka effect jatuh atau effect terbang. kalian harus mencatat adegan2 yang mungkin berisi special effect khusus sehingga tidak ada yang terlewatkan sama sekali scene dan shootnya dan bisa sekali jalan dalam eksekusi.

5. mengatur dan menandai angka-angka posisi (contoh lego) object sebagai keyframe nanti. jika kita menggunakan clay, atau action figure kita bisa memberi tanda di set kita pada awal dan akhir dari sebuah pergerakan object. pastikan kamu mengatur ini semua sudah dengan view camera, pastikan object sesuai penempatannya di frame camera kamu.

6. siapkan camera kamu di posisi yang sudah kalian tentukan. gunakanlah cameramu tripod atau monopod, ini penting sehingga gambar kamu nanti tidak goyang dan tidak terlalu patah2. jika kamu tak memiliki tripod kamu bisa mengakalinya dengan tumpukan buku mungkib, sandarkan di tembok atau diatas meja, yang penting cameramu tidak goyang dan pindah tempat saat capture gambar.

7. mengatur pencahayaan. kamu bisa gunakan lampu kamar sebagai sumber cahaya utama dan senter sebagai cahay tambahan. perhatikan tidak ada sumber cahaya yang berkedip dan menggangu seperti cahaya di pintu, jendela atau tirai rumah.

8. mulailah dengan mengambil gambar pertama, dan perhatikan hasilnya apa yang kurang… misal cahaya atau setnya..segera perbaiki, ketika gambar pertama sudah OK, lanjutkan dengan memindahkan atau merubah posisi object sesuai pergerakan yang kamu mau, dan teruslah lakukan hal tersebut samapai scene atau shootnya selesai.

9. ketika kamu sudah memperoleh satu shoot atau satu scene segera simpan / transfer di komputer ada dengan penamaan folder yang sesuai nama scene/ shoot. sehingga mudah dalam proses edit.

10. ulangi langakah 8 dan 9 sampai selesai animasi kamu. setelah itu kita masuk ke proses edit/ penggabunga semua foto2 kamu menajdi sebuah aniamasi stop motion. kamu bisa gunakan sofware sederhana iMovie, windows movie maker, AE, atau yang lainnya yang kamu kuasai.

11. tambahkan effect2, transisi, atau audio dubb pada animasi anda sehingga terlihat lebih mantap..gunakan seluruh kreasimu.

12. dan terakhir tinggal kalian eksport/render video animasi stop motion kamu….sangat mudah bukan membuat  sebuah animasi stop motion..? :)

berikut ada beberapa karya stop motion yang motion byDesign coba cari sebagai referensi dan inspirasi kalian, joy it and keep moving….\m/

Share
About author
Panji Krishna is a motion graphic designer from Bali, Indonesia. Graduated from NewMedia Academy of Arts & Design, concentrations in graphicDesign and Multimedia. His work most in motionGraphic, visualBackground, branding and typography. Now he live at Jakarta as Graphic & motionDesigner. He started motion byDesign with his friends to share his passion in motion art and make a big influence of motion graphic in Indonesia. He also co-founder at furyco, design and motion studio.
You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.
9 total comments on this postSubmit yours
  1. Gw juga suka maen stop motion.
    Sekedar mau bagi pengalaman, dulu gw pake kamera SLR buat bikin stop motion sederhana (flat object dan gak terlalu memikirkan kedalaman). Nah, masalah terjadi ketika gw menggunakan kamera SLR. Susah bgt dikontrol bos. meskipun gw pake tripod, gambar frame 1 dan frame 2 fokusnya berubah terus. Gw tanya2 sama temen2 yg jauh lbh pengalaman, emang paling enak dan gampang klo make kamera poket karena ya gitu2 aja. Betul jg sih kalo kita hanya mau merekam pergerakan dan ga memikirkan tingkat kedalaman jauh/ dekatnya obyek mending pake poket. Malahan ada temen gw pake kamera hp jadinya lebih bagus kok Hahahaha…

    Oh iya satu lagi Kalo lo mau maen flat objek/ flat scene, lo bisa gantung kamera lo diatas dengan setting cahaya yg benar biar bayangan kamera gak keliatan.. Dan jgn lupa work areanya dibatasin.

    Kalo mau repot sedikit jangan cuman pake 1 kamera. Pake 2 atau 3 kamera dengan posisi kamera yg berbeda. Emang nantinya agak gak nyambung (stop motion biasanya nyambung terus seq-nya) tapi lo bisa dpt varietas shoot yg berbeda. nanti bisa di combine di proses editing.

  2. 1 lagi yg paling penting menurut gw.. Lo harus kudu pake story board yg bener dan Sabarrrrrrrrrrrrr… Hahaha.

  3. mantabs mas diprix atas penjelasannya ….. keep it comin

  4. ini baru bener mas ditto….:D
    thx u mas ditto sharingnya…o ya mungkin untuk SLR camera yang fokusnya sering berubah2 bisa diakalin dengan aktifin mode manual fokus, jadi kita sendiri yang ngatur fokus camera sesuai perpindahan object bukan auto fokus.. mungkin bisa sedikit memudahkan….:)

  5. keren2..
    skalian maw tanya ni..kl maw buat buat motion tp setting tmpt nya di jalan raya dan kita maw ngambil gmbr kendaran yg lwt dstu..
    ada tips trik nya ga bro? gw pnh nyoba tapi rada susah apa lg pas mlem..
    heheh…

  6. buat stop motion mksdnya….?
    kalo untuk di jln raya apalagi pas malem gw suggest pake dslr camera dgn iso tinggi, dan pas capture pake mode continues shutter biar in betweennya ga terlalu jumping jauh, soalnya mobil2 motor2 geraknya kan cepet tuh.., tapi balik lagi sih konsepnya mau bikinnya kayak gmna dulu dan semua bisa dikreasikan biar jadi bagus.:)

  7. orang awam bukan dari seni, lagi belajar stop motion, sekarang mau coba pakai webcam… dipandu ya

  8. mas mau nanya pas saya review kok gambarnya malah nggak ada ya, cuma lagunya doang yang ada-_- itu kenapa ya mas

  9. Broo ane tertarik banget buat bikin stop motion kaya gini. Tp ane gapunya basic apa apa nih. Tolong bantuannya dong bro bro sekalian:(

1 pingback on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Motion ByDesign 「 blogging The World Of Motion 」